Kisi - Kisi USBN Pendidikan Agama Islam SMA/SMK Tahun Ajaran 2018 - 2019

Kisi - Kisi USBN Pendidikan Agama Islam SMA/SMK
Tahun Ajaran 2018 - 2019

Kisi - Kisi USBN Pendidikan Agama Islam SMA/SMK Tahun Ajaran 2018 - 2019
Kisi - Kisi USBN Pendidikan Agama Islam SMA/SMK Tahun Ajaran 2018 - 2019
KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)/
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) 
TAHUN PELAJARAN 2018/2019

NO.
STANDAR KOMPETENSI
KEMAMPUAN YANG DIUJI
INDIKATOR  SOAL
NO
SOAL







1.
























Memahami ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah, demo­krasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.




















Membaca QS Al Baqarah :  30, al Muk­mi­nun : 12-14, az Zariyat :  56 dan an Nahl : 78 yang menjelaskan tentang fungsí dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat al Quran tentang fungsí dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi yang tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi bacaan teks ayat tersebut.
1
Menyebutkan arti QS. al Baqarah: 30, al Mukminun : 12-14, az Zariyat : 56 dan an Nahl : 78. yang menjelaskan tentang fungsi dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat al Quran tentang fungsí dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi, peserta didik dapat mengartikan penggalan ayat yang diberi garis bawah.
2
Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam QS. al An’am : 162-163 dan al Bayyinah : 5.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat al Quran tentang perilaku ikhlas dalam beribadah, peserta didik dapat menyimpulkan ayat tersebut sebagai salah satu contoh perilaku ikhlas dalam beribadah.

3
Menentukan contoh perilaku sesuai dengan QS. Ali Imran 159 dan QS. Asy Syura : 38 tentang demokrasi.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat al Quran tentang demokrasi, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku sesuai dengan kandungan ayat tersebut.
4
Menampilkan perilaku hidup demokrasi seperti terkandung dalam QS. Ali Imran : 59 dan QS. Asy Syura : 38 dalam kehidupan sehari-hari.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat al Quran tentang demokrasi, peserta didik dapat menyimpulkan ayat tersebut sebagai dasar dalam perilaku demokrasi.
5
Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS. Al Baqarah : 148 dan QS. Al Fathir : 32.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat al Quran tentang kompetisi dalam kebaikan, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku yang sesuai dengan kandungan ayat tersebut.
6
Membaca QS. al Rum : 41-42 dan al A’raf : 56-58 dan QS. al Shad : 27 tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat al Quran tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup yang tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi bacaan ayat tersebut.
7
Menyebutkan arti QS. al Rum : 41-42 dan al A’raf : 56-58 dan QS. al Shad : 27 tentang perintah menjaga kelesta­rian lingkungan hidup.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat al Quran tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan kandungan ayat tersebut.
8
Menampilkan perilaku anjuran bertoleransi seperti terkandung dalam QS. Al Kafirun, QS. Yunus : 40-41 dan al Kahfi : 29.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat al Quran tentang toleransi, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku yang sesuai dengan kandungan ayat tersebut.
9
Menampilkan perilaku beretos kerja seperti terkandung dalam QS. Al Mujadilah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat al Quran tentang etos kerja, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku yang sesuai dengan kandungan ayat tersebut.
10
Menjelaskan arti QS. Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah : 164 yang menjelaskan tentang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Disajikan kutipan salah satu ayat al Quran tentang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungan ayat tersebut.
11
Melakukan pengembangan iptek seperti terkandung dalam QS. Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah : 164.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat tentang iptek, peserta didik dapat mengidentifikasi sikap positif dalam pengembangan iptek sesuai dengan kandungan ayat tersebut.
12
2.                   
















Meningkatkan keimanan kepada Allah sampai Qadha dan Qadar melalui pemahaman terhadap sifat dan Asmaul Husna.














Menjelaskan makna  10 sifat Allah SWT dalam asmaul  husna.
Disajikan pernyataan tentang sifat Allah, peserta didik dapat menjelaskan makna salah satu dari 10 sifat Allah SWT yang berkaitan dengan al asma’ul husna.
13
Meningkatkan iman kepada allah SWT.
Disajikan pernyataan tentang sifat Allah SWT., peserta didik dapat mengidentifikasi sikap manusia yang berkaitan dengan 10 al asmaul husna.
14
Disajikan ilustrasi tentang peristiwa alam, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Allah SWT.
15
Menampilkan perilaku cerminan ber­iman kepada malaikat dalam kehidup­an sehari-hari.
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menjelaskan hikmah beriman kepada malaikat.
16
Disajikan pengertian beriman kepada malaikat, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku yang mencermin­kan iman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari.
17
Menampilkan perilaku cerminan beriman kepada kitab-kitab Allah SWT. dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan manusia yang beriman kepada kitab-kitab Allah SWT., peserta didik dapat menentukan hikmah beriman kepada al Quran.
18
Menunjukkan contoh beriman kepada rasul-rasul Allah SWT.
Disajikan ilustrasi kehidupan rasul, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku rasul yang harus diteladani.
19
Disajikan narasi tentang kehidupan salah seorang rasul-rasul Allah, peserta didik dapat menjelaskan keutamaan rasul Allah tersebut.
20
Menampilkan hikmah yang mencer­min­kan keimanan kepada hari akhir.
Ditampilkan narasi tentang hari akhir, peserta didik dapat menyimpulkan hikmah beriman kepada hari akhir.
21
Menjelaskan hikmah beriman kepada qadha dan qadar.
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan manusia, peserta didik dapat menjelaskan hikmah beriman kepada qadha dan qadar Allah SWT.
22






3.                   











Berperilaku terpuji seperti husnuzzhan, taubat dan raja dan meninggalkan perilaku tercela seperti isyrof, tabzir dan fitnah.
Menjelaskan hal-hal yang ber­kaitan dengan husnuzhan
Disajikan narasi tentang husnudzan, peserta didik dapat menunjukkan hal hal yang berkaitan dengan husnuzzhan.
23
Menganalisis contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah SWT.
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan seseorang, peserta didik dapat mengenali contoh perilaku husnudzan terhadap Allah SWT.
24
Pembiasaan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan ilustrasi tentang pembiasaan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menunjukkan cara pembiasaan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari.
25
Menunjukkan hal-hal yang berkaitan dengan taubat.

Ditampilkan ilustrasi tentang perilaku perbuatan dosa, peserta didik dapat menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan taubat.
26
Mengidentifikasi kebiasaan perilaku taubat.
Disajikan narasi tentang kebiasaan perilaku terpuji, peserta didik dapat mengidentifikasi kebiasaan berprilaku taubat dalam kehidupan sehari-hari.
27
Menunjukkan hal-hal yang berkaitan dengan raja.
Disajikan pernyataan-pernyataan tentang perilaku terpuji, peserta didik dapat menunjukkan hal-hal yang berkaitan dengan raja.
28
Menjelaskan hikmah perilaku raja.
Disajikan ilustrasi tentang perilaku terpuji, peserta didik dapat menjelaskan hikmah perilaku raja dalam kehidupan sehari-hari.
29
Menunjukkan hal-hal yang berkaitan dengan israf.
Disajikan ilustrasi tentang perilaku tercela, peserta didik dapat menunjukkan hal-hal yang berkaitan dengan israf.
30
Mengidentifikasi hal-hal yang ber­kaitan dengan tabzir.
Disajikan pernyataan-pernyataan perilaku tercela, peserta didik dapat mengidentifikasi  hal-hal yang berkaitan tabzir.
31
Menunjukan manfaat menghindari tabzir.
Disajikan narasi tentang perilaku tercela  dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menunjukan manfaat menghindari tabzir.
32
Menunjukkan contoh yang terkait tentang ghibah.
Disajikan pernyataan perilaku tercela, peserta didik dapat menunjukkan contoh hal-hal yang berkaitan dengan ghibah.
33
Mengidentifikasi perilaku fitnah.
Disajikan ilustrasi tentang perilaku tercela, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku fitnah.
34
4.                   








Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi serta menjelaskan hukum muamalah dan hukum keluarga dalam Islam.



Menjelaskan pengertian, kedudukan dan fungsi al Quran, al Hadits, ijtihad dan hukum taklifi.

Disajikan tabel tentang sumber hukum Islam secara acak, peserta didik dapat menunjukkan pengertian sumber hukum tersebut.
35
Disajikan tentang  permasalahan  yang berkembang di masyarakat, peserta didik dapat menetapkan kedudukan ijtihad sebagai salah satu sumber hukum Islam.
36
Disajikan wacana pelaksanaan ibadah di masyarakat, peserta didik dapat menunjukkan pentingnya penerapan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari
37
Menjelaskan syarat dan rukun haji.
Disajikan deskripsi tentang syarat dan rukun haji, peserta didik dapat menjelaskan ketentuan syarat dan rukun haji.
38
Menjelaskan contoh asas-asas transaksi ekonomi  dalam Islam.

Disajikan deskripsi tentang  ekonomi Islam, peserta didik dapat menjelaskan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam.
39
Disajikan pengertian macam-macam syirkah, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh syirkah tersebut.
40
Disajikan ilustrasi tentang contoh transaksi ekonomi, peserta didik dapat menentukan contoh transaksi ekonomi dalam Islam.
41

Menjelaskan ketentuaun per­kawinan menurut perundang-undangan di Indonesia.

Disajikan narasi tentang  pernikahan yang Islami, peserta didik dapat menjelaskan hikmah pernikahan.
42
Disajikan problematika pernikahan antara muslim dengan non muslim, peserta didik dapat menunjukkan ketentuan pernikahan menurut UU Nomor 1 Tahun 1974.
43
Menjelaskan ketentuan-ketentuan hukum waris.

Disajikan narasi tentang hubungan kekerabatan dalam keluarga, peserta didik dapat menunjukkan anggota  keluarga yang terhalang mendapat harta waris.
44
Menjelaskan hikmah hukum waris dalam Islam.


Disajikan wacana tentang penerapan pembagian harta waris, peserta didik dapat mengidentifikasi hikmah hukum waris.
45
5.                   
Memahami sejarah Nabi Muhammad pada periode Mekkah dan periode Madinah serta perkembangan Islam di Indonesia dan di dunia.
Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Makkah dan Madinah.
Disajikan sejarah singkat dakwah Rasulullah SAW periode Makkah, peserta didik dapat menyimpulkan substansi da’wah Rasululullah SAW di Makkah.
46
Disajikan kisah singkat da’wah Rasulullah periode Madinah, peserta didik dapat menunjukkan strategi yang digunakan Rasulullah dalam berda’wah di Madinah.
47
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia.

Disajikan sejarah singkat perkembangan Islam di Indonesia, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan Islam berkembang dengan cepat di Indonesia.
48
Disajikan narasi tentang perkembangan Islam di Indonesia, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh  perkembangan Islam di Indonesia.
49
Menjelaskan perkembangan Islam di dunia.
Ditampilkan contoh perkembangan Islam di dunia, peserta didik dapat menunjukkan salah satu bukti perkembangan Islam di dunia.
50




0 Response to "Kisi - Kisi USBN Pendidikan Agama Islam SMA/SMK Tahun Ajaran 2018 - 2019"

Post a Comment