Kisi - Kisi USBN Pendidikan Agama Islam SMA/SMK
Tahun Ajaran 2018 - 2019
Kisi - Kisi USBN Pendidikan Agama Islam SMA/SMK Tahun Ajaran 2018 - 2019 |
KISI-KISI SOAL
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)/
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN (SMK)
TAHUN
PELAJARAN 2018/2019
NO.
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KEMAMPUAN YANG DIUJI
|
INDIKATOR SOAL
|
NO
SOAL
|
1.
|
Memahami ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai
khalifah, demokrasi serta pengembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi.
|
Membaca QS Al Baqarah : 30, al Mukminun : 12-14, az Zariyat
: 56 dan an Nahl : 78 yang menjelaskan
tentang fungsí dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat al Quran tentang
fungsí dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi yang tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi bacaan teks ayat
tersebut.
|
1
|
Menyebutkan arti QS. al Baqarah: 30, al Mukminun
: 12-14, az Zariyat : 56 dan an Nahl : 78. yang menjelaskan tentang fungsi
dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat al Quran tentang
fungsí dan tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi, peserta didik dapat mengartikan
penggalan ayat yang diberi garis bawah.
|
2
|
||
Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah
seperti terkandung dalam QS. al An’am : 162-163 dan al Bayyinah : 5.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat al Quran tentang perilaku ikhlas
dalam beribadah, peserta didik dapat menyimpulkan ayat tersebut sebagai salah
satu contoh perilaku ikhlas dalam beribadah.
|
3
|
||
Menentukan contoh perilaku
sesuai dengan QS. Ali Imran 159 dan QS. Asy Syura : 38 tentang demokrasi.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat al Quran tentang demokrasi, peserta didik dapat menentukan
contoh perilaku sesuai dengan kandungan ayat tersebut.
|
4
|
||
Menampilkan perilaku hidup
demokrasi seperti terkandung dalam QS. Ali Imran : 59 dan QS. Asy Syura : 38
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat al Quran tentang demokrasi, peserta
didik dapat menyimpulkan ayat tersebut sebagai dasar dalam perilaku
demokrasi.
|
5
|
||
Menampilkan perilaku
berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS. Al Baqarah : 148 dan
QS. Al Fathir : 32.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat al Quran tentang kompetisi dalam
kebaikan, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku yang sesuai dengan
kandungan ayat tersebut.
|
6
|
||
Membaca QS. al Rum : 41-42 dan al A’raf : 56-58 dan QS. al Shad : 27
tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat al Quran tentang perintah menjaga
kelestarian lingkungan hidup yang tidak lengkap, peserta didik dapat
melengkapi bacaan ayat tersebut.
|
7
|
||
Menyebutkan arti QS. al Rum : 41-42 dan al A’raf : 56-58 dan QS. al Shad : 27 tentang
perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup.
|
Ditampilkan kutipan
salah satu ayat al Quran tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan
hidup, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan
kandungan ayat tersebut.
|
8
|
||
Menampilkan perilaku anjuran bertoleransi
seperti terkandung dalam QS. Al Kafirun, QS. Yunus : 40-41 dan al Kahfi : 29.
|
Ditampilkan kutipan
salah satu ayat al Quran tentang toleransi, peserta didik dapat menentukan contoh
perilaku yang sesuai dengan kandungan ayat tersebut.
|
9
|
||
Menampilkan perilaku beretos kerja seperti
terkandung dalam QS. Al Mujadilah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10.
|
Ditampilkan kutipan
salah satu ayat al Quran tentang etos kerja, peserta didik dapat menentukan
contoh perilaku yang sesuai dengan kandungan ayat tersebut.
|
10
|
||
Menjelaskan arti QS. Yunus : 101 dan QS. Al
Baqarah : 164 yang menjelaskan tentang pengembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi.
|
Disajikan kutipan
salah satu ayat al Quran tentang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,
peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungan ayat tersebut.
|
11
|
||
Melakukan pengembangan iptek seperti terkandung
dalam QS. Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah : 164.
|
Ditampilkan kutipan
salah satu ayat tentang iptek, peserta didik dapat mengidentifikasi sikap
positif dalam pengembangan iptek sesuai dengan kandungan ayat tersebut.
|
12
|
||
2.
|
Meningkatkan keimanan kepada Allah sampai Qadha
dan Qadar melalui pemahaman terhadap sifat dan Asmaul Husna.
|
Menjelaskan makna 10 sifat Allah SWT dalam asmaul
husna.
|
Disajikan pernyataan tentang sifat Allah, peserta
didik dapat menjelaskan makna salah satu dari 10 sifat Allah SWT yang
berkaitan dengan al asma’ul husna.
|
13
|
Meningkatkan iman kepada allah SWT.
|
Disajikan pernyataan tentang sifat Allah SWT.,
peserta didik dapat mengidentifikasi sikap manusia yang berkaitan dengan 10
al asmaul husna.
|
14
|
||
Disajikan ilustrasi tentang peristiwa alam, peserta
didik dapat menentukan contoh perilaku yang mencerminkan keimanan kepada
Allah SWT.
|
15
|
|||
Menampilkan
perilaku cerminan beriman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari.
|
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan sehari-hari,
peserta didik dapat menjelaskan hikmah beriman kepada malaikat.
|
16
|
||
Disajikan pengertian beriman kepada malaikat,
peserta didik dapat menentukan contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada
malaikat dalam kehidupan sehari-hari.
|
17
|
|||
Menampilkan
perilaku cerminan beriman kepada kitab-kitab Allah SWT. dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan manusia yang beriman
kepada kitab-kitab Allah SWT., peserta didik dapat menentukan hikmah beriman
kepada al Quran.
|
18
|
||
Menunjukkan
contoh beriman kepada rasul-rasul Allah SWT.
|
Disajikan ilustrasi
kehidupan rasul, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku rasul yang
harus diteladani.
|
19
|
||
Disajikan narasi tentang
kehidupan salah seorang rasul-rasul Allah, peserta didik dapat menjelaskan
keutamaan rasul Allah tersebut.
|
20
|
|||
Menampilkan
hikmah yang mencerminkan keimanan kepada hari akhir.
|
Ditampilkan narasi tentang
hari akhir, peserta didik dapat menyimpulkan hikmah beriman kepada hari
akhir.
|
21
|
||
Menjelaskan
hikmah beriman kepada qadha dan qadar.
|
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan manusia,
peserta didik dapat menjelaskan hikmah beriman kepada qadha dan qadar Allah
SWT.
|
22
|
||
3.
|
Berperilaku terpuji seperti husnuzzhan, taubat
dan raja dan meninggalkan perilaku tercela seperti isyrof, tabzir dan fitnah.
|
Menjelaskan
hal-hal yang berkaitan dengan husnuzhan
|
Disajikan narasi tentang husnudzan, peserta didik dapat menunjukkan hal hal yang
berkaitan dengan husnuzzhan.
|
23
|
Menganalisis
contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah SWT.
|
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan
seseorang, peserta didik dapat mengenali contoh perilaku husnudzan terhadap Allah SWT.
|
24
|
||
Pembiasaan
perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Disajikan ilustrasi
tentang pembiasaan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari, peserta
didik dapat menunjukkan cara pembiasaan perilaku husnuzhan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
25
|
||
Menunjukkan hal-hal yang berkaitan dengan taubat.
|
Ditampilkan ilustrasi tentang
perilaku perbuatan dosa, peserta didik dapat menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan taubat.
|
26
|
||
Mengidentifikasi
kebiasaan
perilaku taubat.
|
Disajikan narasi tentang kebiasaan perilaku terpuji, peserta didik dapat
mengidentifikasi kebiasaan berprilaku taubat dalam kehidupan sehari-hari.
|
27
|
||
Menunjukkan hal-hal yang berkaitan dengan raja.
|
Disajikan
pernyataan-pernyataan tentang perilaku terpuji, peserta didik dapat menunjukkan
hal-hal yang berkaitan dengan raja.
|
28
|
||
Menjelaskan hikmah perilaku raja.
|
Disajikan ilustrasi tentang perilaku terpuji, peserta didik dapat menjelaskan hikmah perilaku raja dalam kehidupan
sehari-hari.
|
29
|
||
Menunjukkan hal-hal yang berkaitan dengan israf.
|
Disajikan ilustrasi tentang perilaku tercela, peserta didik dapat menunjukkan
hal-hal yang berkaitan dengan israf.
|
30
|
||
Mengidentifikasi hal-hal yang berkaitan dengan
tabzir.
|
Disajikan pernyataan-pernyataan perilaku tercela, peserta didik dapat
mengidentifikasi hal-hal yang berkaitan
tabzir.
|
31
|
||
Menunjukan manfaat menghindari tabzir.
|
Disajikan narasi tentang perilaku tercela dalam
kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menunjukan manfaat menghindari
tabzir.
|
32
|
||
Menunjukkan contoh yang terkait tentang ghibah.
|
Disajikan pernyataan perilaku tercela, peserta didik dapat menunjukkan contoh hal-hal yang
berkaitan dengan ghibah.
|
33
|
||
Mengidentifikasi perilaku fitnah.
|
Disajikan ilustrasi tentang perilaku tercela, peserta didik dapat
mengidentifikasi perilaku fitnah.
|
34
|
||
4.
|
Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi
serta menjelaskan hukum muamalah dan hukum keluarga dalam Islam.
|
Menjelaskan
pengertian, kedudukan dan fungsi al Quran, al Hadits, ijtihad dan hukum
taklifi.
|
Disajikan tabel tentang sumber hukum Islam secara acak, peserta didik
dapat menunjukkan pengertian sumber
hukum tersebut.
|
35
|
Disajikan tentang permasalahan yang
berkembang di masyarakat, peserta didik
dapat menetapkan kedudukan ijtihad sebagai salah
satu sumber hukum Islam.
|
36
|
|||
Disajikan wacana pelaksanaan ibadah di masyarakat, peserta didik dapat menunjukkan pentingnya penerapan hukum taklifi dalam kehidupan
sehari-hari
|
37
|
|||
Menjelaskan
syarat dan rukun haji.
|
Disajikan deskripsi tentang syarat dan rukun haji, peserta didik dapat
menjelaskan ketentuan syarat dan rukun haji.
|
38
|
||
Menjelaskan contoh asas-asas transaksi ekonomi dalam
Islam.
|
Disajikan deskripsi tentang ekonomi Islam, peserta didik dapat menjelaskan asas-asas transaksi
ekonomi dalam Islam.
|
39
|
||
Disajikan pengertian macam-macam syirkah, peserta didik dapat
mengidentifikasi contoh syirkah tersebut.
|
40
|
|||
Disajikan ilustrasi tentang contoh transaksi ekonomi, peserta didik dapat
menentukan contoh transaksi ekonomi dalam Islam.
|
41
|
|||
Menjelaskan ketentuaun
perkawinan menurut
perundang-undangan di Indonesia.
|
Disajikan narasi tentang pernikahan yang Islami, peserta didik dapat menjelaskan hikmah pernikahan.
|
42
|
||
Disajikan problematika pernikahan antara
muslim dengan non muslim, peserta didik dapat menunjukkan ketentuan pernikahan menurut UU Nomor 1 Tahun
1974.
|
43
|
|||
Menjelaskan ketentuan-ketentuan hukum waris.
|
Disajikan narasi tentang hubungan
kekerabatan dalam keluarga, peserta didik dapat menunjukkan anggota keluarga yang terhalang mendapat harta
waris.
|
44
|
||
Menjelaskan hikmah
hukum waris dalam Islam.
|
Disajikan wacana tentang penerapan pembagian harta waris,
peserta didik dapat mengidentifikasi hikmah hukum waris.
|
45
|
||
5.
|
Memahami sejarah Nabi Muhammad pada periode
Mekkah dan periode Madinah serta perkembangan Islam di Indonesia dan di
dunia.
|
Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah
Rasulullah SAW periode Makkah dan Madinah.
|
Disajikan sejarah singkat dakwah Rasulullah SAW periode Makkah, peserta didik dapat menyimpulkan substansi da’wah Rasululullah SAW di Makkah.
|
46
|
Disajikan kisah singkat da’wah Rasulullah
periode Madinah, peserta didik dapat menunjukkan strategi yang
digunakan Rasulullah dalam berda’wah di Madinah.
|
47
|
|||
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia.
|
Disajikan sejarah singkat perkembangan Islam di
Indonesia, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor-faktor
yang menyebabkan Islam berkembang dengan cepat di Indonesia.
|
48
|
||
Disajikan narasi tentang perkembangan Islam di Indonesia, peserta didik
dapat mengidentifikasi contoh perkembangan
Islam di Indonesia.
|
49
|
|||
Menjelaskan perkembangan Islam di dunia.
|
Ditampilkan contoh perkembangan Islam di dunia, peserta didik dapat
menunjukkan salah satu bukti perkembangan Islam di dunia.
|
50
|
0 Response to "Kisi - Kisi USBN Pendidikan Agama Islam SMA/SMK Tahun Ajaran 2018 - 2019"
Post a Comment