8 Komponen Pemasaran Online ( Internet Marketing )

8 Komponen Pemasaran Online 

( Internet Marketing )

8 Komponen Pemasaran Online ( Internet Marketing )
8 Komponen Pemasaran Online ( Internet Marketing )


8 Komponen Dalam Pemasaran Online 

( Internet Marketing )




Pemasaran online semakin populer dan semakin penting. Perubahan demografi pasar layanan profesional mengarah pada penerapan strategi baru untuk membangun reputasi, jaringan, dan prospek produksi. Semakin banyak kehidupan profesional bergerak secara online dan dunia jasa profesional tidak terkecuali. Semakin banyak, perusahaan yang sukses adalah orang-orang yang belajar memanfaatkan pemasaran online secara efektif. Jadi, Apa saja kompenen dalam pemasaran online atau yang lebih dikenal dengan internet marketing ? berikut adalah komponen - komponennya :

1. Content Marketing

Konten merupakan  alat untuk menarik prospek dan pelanggan potensial ke website, toko online (e-commerce), dan blog. Bentuk dari konten dapat berupa artikel, blog, how-to, e-bookpresentasi, video, dan audio. Konten berkualitas yang dibutuhkan atau bermanfaat bagi pembaca akan meningkatkan kepercayaan,  mempererat hubungan antara pemilik konten dengan pembacanya serta meningkatkan rating pengunjung. 

2. Search Engine Marketing

Mesin pencari merupakan tempat pertama pelanggan mencari informasi bisnis, produk atau jasa sebelum memutuskan membeli sesuatu.  Google menjadi rujukan pencarian di internet, mencari perusahaan, produk, brand, atau kata-kata. Kunci penting terkait produk  sebaiknya bisa merujuk ke informasi di website.

3. Email Marketing

Email Marketing memilki fungsi untuk tetap menjaga hubungan baik dengan klien atau prospek bisnis Anda, sehingga anda tetap terlintas dipikiran mereka saat mereka membutuhkan sesuatu 

Email Marketing umumnya dipahami sebagai email berisi materi promosi yang ditujukan kepada kelompok pengguna internet melaui email, untuk mempromosikan suatu produk atau jasa.

4.  Online Public Relations 

E-PR (electronic public relations), Cyber PR, Online PR, atau PR on the net, adalah kegiatan PR yang menggunakan internet sebagai media komunikasi.  

Media internet dimanfaatkan oleh PR untuk membangun merk (brand) dan memelihara kepercayaan publik.  Strategi online PR adalah membidik situs berita dan komunitas online yang berorientasi khusus

5. Social Media Marketing

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya dapat  dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.  Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. 


Media sosial merupakan alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga jaringan promosi bisa lebih luas. Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan dan klien.

6. Online Advertising

Online advertising adalah metode periklanan dengan menggunakan internet dan World Wide Web dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) untuk menarik pelanggan. Iklan 
online . Iklan umumnya memiliki 2 tujuan yaitu Branding dan Sales, atau sekaligus kedua-duanya.  Setelah menentukan tujuan, maka bisa dipilih berbagai media sesuai profil target market dan juga budget yang sesuai. Berbagai media online, search engine (Seperti Google AdWords), dan Social Media bisa jadi sarana online advertising. 

7. Website

Website merupakan media promosi yang paling popular. Website dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan hyperlink. 

Pada umumnya tujuan pembuatan website untuk mendatangkan pengunjung potensial sebanyakbanyaknya, dengan harapan semakin banyak orang yang dapat melihat informasi yang disediakan pada web tersebut, maka semakin banyak pula orang yang mengenal dan tertarik pada produk/jasa yang ditawarkan.

8. Coversion

Konversi adalah teknik memetakan kunjungan sebuah website atau toko online. Penjual harus mampu menganalisis komposisi kunjungan: berapa banyak pengunjung website, berapa persen pengunjung yang meng-klik tombol pembelian, dan berapa persen orang yang benar-benar membeli.  


Demikianlah artikel tentang   8 Komponen Pemasaran Online ( Internet Marketing ) yang saya buat semoga bermanfaat bagi orang yang  membacanya dan menambah wawasan bagi orang yang membaca artikel ini. Dan  saya mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata dan kalimat yang  tidak jelas, mengerti, dan lugas mohon jangan dimasukan ke dalam hati. 


Jangan lupa tinggalkan komentar - komentar yang positif serta saran & kritikan agar membangun blog ini lebih baik kedepannya. Sekian penutup dari saya semoga berkenan di hati dan saya ucapkan terima  kasih yang sebesar-besarnya.

0 Response to "8 Komponen Pemasaran Online ( Internet Marketing )"

Post a Comment