Cara Menemukan Ide Pokok dan Topik dalam Artikel

Cara Menemukan Ide Pokok dan Topik dalam Artikel


Cara Menemukan Ide Pokok dan Topik dalam Artikel
Cara Menemukan Ide Pokok dan Topik dalam Artikel

Menemukan Ide Pokok dan Topik dalam Artikel


Pada bagian ini, kita akan menemukan ide pokok, kalimat utama, kalimat yang mendukung ide pokok atau kalimat penjelas, serta pokok permasalahan atau topik yang terdapat dalam artikel.

Seperti sudah dipaparkan di atas; Ide pokok adalah salah satu unsur paragraf yang menjadi hal pokok yang diungkapkan dalam paragraf dan menjadi inti keseluruhan isi paragraf. Topik diartikan sebagai pokok pembicaraan karangan atau pokok permasalahan dalam paragraf. Kalimat pokok adalah kalimat inti suatu paragraf yang pernyataan di dalamnya merupakan gagasan menyeluruh yang dapat mewakili pernyataan-pernyataan lain dalam paragraf itu. Kalimat penjelas adalah kalimat yang mendeskripsikan kalimat utama dan mendukung kalimat utama.

Di bawah ini dikutip salah satu artikel yang dimuat di surat kabar dan penentuan ide pokok, topik (masalah), kalimat pokok, dan kalimat penjelas. Artikel ditulis oleh Ahmad Baedowi, Direktur Pendidikan Yayasan Sukma Jakarta berjudul “Pendidikan Penyembuh Kemiskinan?” dimuat di harian Kompas, Minggu 11 Maret 2012.

Menemukan Ide Pokok dan Topik dalam sebuah artikel

JUDUL

Pendidikan Penyembuh Kemiskinan?

Paragraf 1

Riset terbaru para ahli ekonomi menyebutkan pendidikan hanya menyumbang sedikit, yaitu sekitar 16.1% per tahun, pertumbuhan produk domestik bruto rata-rata di dunia (Greg J. Duncan: 2010). Di samping memercayai bahwa investasi di bidang pendidikan memang sangat strategis dan signi kan, terutama pendidikan prasekolah, para ahli ekonomi menyarankan agar dunia pendidikan memiliki kepekaan pasar dalam rangka menumbuhkan semangat entrepreneurship di kalangan para siswa.

Kalimat pokok

Riset terbaru para ahli ekonomi menyebutkan pendidikan hanya menyumbang sedikit, yaitu sekitar 16.1% per tahun, pertumbuhan produk domestik bruto rata-rata di dunia (Greg J. Duncan: 2010).
Kalimat penjelas

Di samping memercayai bahwa investasi di bidang pendidikan memang sangat strategis dan signi kan, terutama pendidikan prasekolah, para ahli ekonomi menyarankan agar dunia pendidikan memiliki kepekaan pasar dalam rangka menumbuhkan semangat entrepreneurship di kalangan para siswa.
Ide pokok

Pendidikan  hanya  menyumbang  sedikit  pertumbuhan  produk domestik bruto rata-rata di dunia.
Topik

Pendapat Duncan tentang hasil riset terbaru para ahli ekonomi mengenai pendidikan.

Paragraf 2

Memadukan pendidikan dan pelatihan yang relevan dengan dunia kerja merupakan sebuah keniscayaan yang harus ditekuni para pengambil kebijakan bidang pendidikan. Namun, masalah yang kerap kali muncul ialah dunia pendidikan saat ini sangat bergantung pada situasi politik dan ekonomi sebuah negara. Karena itu, menjadi jelas bahwa pendidikan bukan merupakan satu-satunya alat untuk mengurangi kemiskinan, apalagi jika dilihat dari konteks politik dan sistem ekonomi yang dianut, katakanlah liberalisme seperti di Indonesia.


Kalimat pokok

Karena itu, menjadi jelas bahwa pendidikan bukan merupakan satu-satunya alat untuk mengurangi kemiskinan, apalagi jika dilihat dari konteks politik dan sistem ekonomi yang dianut, katakanlah liberalisme seperti di Indonesia.
Kalimat penjelas

Memadukan pendidikan dan pelatihan yang relevan dengan dunia kerja merupakan sebuah keniscayaan yang harus ditekuni para pengambil kebijakan bidang pendidikan. Namun, masalah yang kerap kali muncul ialah dunia pendidikan saat ini sangat bergantung pada situasi politik dan ekonomi sebuah negara.
Ide pokok

Pendidikan bukan merupakan satu-satunya alat untuk mengurangi kemiskinan.
Topik

Dunia pendidikan saat ini sangat bergantung pada situasi politik dan ekonomi sebuah negara.


Paragraf 3

Tidak ada yang meragukan tenaga kerja berpendidikan lebih baik dan lebih mungkin menikmati pendapatan yang lebih tinggi. Orang miskin benar-benar membutuhkan lebih banyak pendidikan dan pelatihan keterampilan. Akan tetapi, mereka juga membutuhkan suatu konteks ekonomi di saat pertumbuhan sejalan dengan suasana politik yang kondusif. Selama beberapa dekade terakhir, seperangkat institusi dan norma-norma yang secara historis mempertahankan hubungan antara keterampilan dan pendapatan telah berkurang. Hal itu menyebabkan sulitnya mengangkat orang miskin menjadi lebih terdidik dan memiliki keterampilan.


Kalimat pokok

Tidak ada yang meragukan tenaga kerja berpendidikan lebih baik dan lebih mungkin menikmati pendapatan yang lebih tinggi. Hal itu menyebabkan sulitnya mengangkat orang miskin menjadi lebih terdidik dan memiliki keterampilan.
Kalimat penjelas

Orang miskin benar-benar membutuhkan lebih banyak pendidikan dan pelatihan keterampilan. Akan tetapi, mereka juga membutuhkan suatu konteks ekonomi di saat pertumbuhan sejalan dengan suasana politik yang kondusif. Selama beberapa dekade terakhir, seperangkat  institusi  dan  norma-norma  yang  secara  historis mempertahankan hubungan antara keterampilan dan pendapatan telah berkurang.
Ide pokok

Tenaga kerja berpendidikan akan menikmati pendapatan tinggi, tetapi sulit bagi orang miskin.
Topik

Penyebab sulitnya mengangkat orang miskin lebih terdidik dan terampil.


Demikianlah artikel tentang  Cara Menemukan Ide Pokok dan Topik dalam Artikel yang saya buat semoga bermanfaat bagi orang yang  membacanya dan menambah wawasan bagi orang yang membaca artikel ini. Dan  saya mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata dan kalimat yang  tidak jelas, mengerti, dan lugas mohon jangan dimasukan ke dalam hati. 

Jangan lupa tinggalkan komentar - komentar yang positif serta saran & kritikan agar membangun blog ini lebih baik kedepannya. Sekian penutup dari saya semoga berkenan di hati dan saya ucapkan terima  kasih yang sebesar-besarnya.

0 Response to "Cara Menemukan Ide Pokok dan Topik dalam Artikel"

Post a Comment