Pengertian dan Definisi Pemasaran Menurut Para Ahli

Pengertian dan Definisi Pemasaran Menurut Para Ahli

Pengertian dan Definisi Pemasaran Menurut Para Ahli
Pengertian dan Definisi Pemasaran Menurut Para Ahli


Pengertian Pemasaran


Pemasaran menurut Rangkuti (2000, p48) adalah suatu proses kegiatan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor sosial, budaya, politik, ekonomi, dan manajerial. Akibat dari berbagai faktor tersebut adalah masing-masing individu maupun kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan dengan menciptakan, menawarkan dan menukarkan produk yang memiliki nilai komoditas.

Menurut Kotler (2001, p7) pemasaran adalah proses sosial dimana individu dan kelompok mendapatkan yang mereka butuhkan dan inginkan dengan melakukan penciptaan, penawaran, atau pertukaran nilai dengan pihak lain. Manajemen pemasaran merupakan analisis,   perencanaan,   implementasi,   dan  pengendalian  dari  program-program  yang dirancang  untuk  menciptakan,  membangun  dan  memelihara  pertukaran  yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan.

Konsep pemasaran adalah gagasan sederhana tetapi sangat penting. Konsep pemasaran berarti bahwa organisasi mengarahkan semua upayanya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan berlaba. Konsep pemasaran masyarakat menyatakan bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan, dan minat pasar sasaran dan memberi kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan pesaing dengan tetap memelihara dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Lingkungan   pemasaran   terdiri   dari   lingkungan   tugas   dan   lingkungan   luas. Lingkungan tugas mencakup pihak-pihak yang terlibat dalam memproduksi, menyalurkan, dan mempromosikan penawaran. Konsep pemasaran menyatakan bahwa kunci mencapai tujuan  organisasi  yang  ditetapkan  adalah  perusahaan  harus  lebih  efektif  dibandingkan pesaing dalam menciptakan, menyerahkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan kepada target pasar yang dipilih.


Demikianlah artikel tentang   Pengertian dan Definisi Pemasaran Menurut Para Ahli yang saya buat semoga bermanfaat bagi orang yang  membacanya dan menambah wawasan bagi orang yang membaca artikel ini. Dan  saya mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata dan kalimat yang  tidak jelas, mengerti, dan lugas mohon jangan dimasukan ke dalam hati. 

Jangan lupa tinggalkan komentar - komentar yang positif serta saran & kritikan agar membangun blog ini lebih baik kedepannya. Sekian penutup dari saya semoga berkenan di hati dan saya ucapkan terima  kasih yang sebesar-besarnya.

0 Response to "Pengertian dan Definisi Pemasaran Menurut Para Ahli"

Post a Comment