4 Jenis Bank Berdasarkan Kepemilikannya

4 Jenis Bank Berdasarkan Kepemilikannya

4 Jenis Bank Berdasarkan Kepemilikannya
4 Jenis Bank Berdasarkan Kepemilikannya


Jenis Bank Berdasarkan Kepemilikannya



Apabila ditinjau dari segi kepemilikannya, jenis bank terdiri atas bank milik pemerintah, bank milik swasta nasional, bank milik swasta asing, dan Bank Milik Campuran.

a. Bank Milik Pemerintah

Bank  pemerintah  adalah  bank  di  mana  baik  akta  pendirian  maupun modalnya  dimiliki  oleh  pemerintah,  sehingga  seluruh  keuntungan  bank dimiliki oleh pemerintah pula. Contohnya Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia 46 (BNI), dan Bank Tabungan Negara (BTN). Selain itu ada juga bank milik pemerintah daerah yang terdapat di daerah tingkat I dan tingkat  II  masing-masing  provinsi.  Contoh  BPD  DKI,  BPD  Jateng,  dan sebagainya.

b. Bank Milik Swasta Nasional

Bank swasta nasional adalah bank yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh swasta nasional serta akta pendiriannya pun didirikan oleh  swasta,  begitu  pula  pembagian keuntungannya  juga  dipertunjukkan untuk  swasta  pula.  Contohnya  Bank  Muamalat,  Bank  Danamon,  Bank Central Asia, Bank Lippo, Bank Niaga, dan lain-lain.

c. Bank Milik Asing

Bank jenis ini merupakan cabang dari bank yang ada di luar negeri, baik milik swasta asing atau pemerintah asing.Kepemilikannya dimiliki oleh pihak luar negeri. Contohnya ABN AMRO bank, City Bank, Hongkong Bank, dan Standard Chartered Bank.

d. Bank Milik Campuran

Kepemilikan  saham  bank  campuran  dimiliki  oleh  pihak  asing  dan  pihak swasta  nasional.Kepemilikan  sahamnya  secara mayoritas  dipegang  oleh warga negara Indonesia. Contohnya Inter Pacifik Bank, Mitsubishi Buana Bank, dan Bank Sakura Swadarma.


Demikianlah artikel tentang   4 Jenis Bank Berdasarkan Kepemilikannya yang saya buat semoga bermanfaat bagi orang yang  membacanya dan menambah wawasan bagi orang yang membaca artikel ini. Dan  saya mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata dan kalimat yang  tidak jelas, mengerti, dan lugas mohon jangan dimasukan ke dalam hati. 


Jangan lupa tinggalkan komentar - komentar yang positif serta saran & kritikan agar membangun blog ini lebih baik kedepannya. Sekian penutup dari saya semoga berkenan di hati dan saya ucapkan terima  kasih yang sebesar-besarnya.

0 Response to "4 Jenis Bank Berdasarkan Kepemilikannya"

Post a Comment