4 Jenis Kantor Bank yang Ada di Indonesia

4 Jenis Kantor Bank yang Ada di Indonesia

4 Jenis  Kantor Bank yang Ada di Indonesia
4 Jenis  Kantor Bank yang Ada di Indonesia

Jenis - Jenis Kantor Bank



Yang dimaksud dengan jenis-jenis kantor bank dapat dilihat dari luasnya kegiatan jasa-jasa bank yang ditawarkan dalam suatu cabang bank. Luasnya kegiatan ini tergantung dari kebijaksanaan kantor pusat bank tersebut. Disamping itu, besar kecilnya kegiatan cabang bank tersebut tergantung pula dari wilayah operasinya.

Jenis-jenis kantor bank yang dimaksud adalah sebagai berikut :

a. Kantor pusat

Merupakan kantor dimana semua kegiatan perencanaan sampai kepada pengawasan terdapat di kantor ini. Setiap bank memiliki satu kantor pusat dan kantor pusat tidak melakukan kegiatan operasional sebagaimana kantor bank lainnya, akan tetapi mengendalikan jalannya kebijaksanaan kantor pusat terhadap cabang-cabangnya. Dapat diartikan pula bahwa kegiatan kantor pusat tidak melayani jasa bank kepada masyarakat umum.

b. Kantor cabang penuh

Merupakan salah satu kantor cabang yang memberikan jasa bank paling lengkap. Dengan kata lain, semua kegiatan perbankan ada di kantor cabang penuh  dan  biasanya  kantor  cabang  penuh  membawahi  kantor  cabang pembantu.

c. Kantor cabang pembantu

Merupakan kantor  cabang  yang  berada  di  bawah  kantor  cabang  penuh dimana kegiatan jasa bank yang dilayani hanya sebagian saja. Perubahan status dari cabang pembantu ke cabang penuh dimungkinkan apabila memang cabang tersebut sudah memenuhi kriteria sebagai cabang penuh dari kantor pusat.

d. Kantor kas

Merupakan  kantor  bank  yang  paling  kecil  dimana  kegiatannya  hanya meliputi teller/kasir saja. Dengan kata lain, kantor kas hanya melakukan sebagian  kecil  dari  kegiatan  perbankan  dan  berada  dibawah  cabang pembantu atau cabang penuh. Bahkan sekarang ini banyak kantor kas yang melakukan pelayanan dengan mobil dan sering disebut kas keliling. 


Demikianlah artikel tentang   4 Jenis  Kantor Bank yang Ada di Indonesia yang saya buat semoga bermanfaat bagi orang yang  membacanya dan menambah wawasan bagi orang yang membaca artikel ini. Dan  saya mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata dan kalimat yang  tidak jelas, mengerti, dan lugas mohon jangan dimasukan ke dalam hati. 


Jangan lupa tinggalkan komentar - komentar yang positif serta saran & kritikan agar membangun blog ini lebih baik kedepannya. Sekian penutup dari saya semoga berkenan di hati dan saya ucapkan terima  kasih yang sebesar-besarnya.

0 Response to "4 Jenis Kantor Bank yang Ada di Indonesia"

Post a Comment