Mengetahui Kegiatan Utama Bank Umum

Mengetahui Kegiatan Utama Bank Umum

Mengetahui Kegiatan Utama Bank Umum
Mengetahui Kegiatan Utama Bank Umum

Kegiatan Bank Umum



Para  ahli  perbankan  di  negara-negara  maju  mendefinisikan  bank  umum sebagai institusi keuangan yang berorientasi laba. Untuk memperoleh laba tersebut bank umum melaksanakan fungsi intermediasi. Karena diizikan mengumpulkan dana dalam bentuk deposito, bank umum disebut juga sebagai lembaga keuangan depositori. Berdasarkan kemampuannya menciptakan uang (giral), bank umum dapat juga disebut sebagai bank umum pencipta uang giral.

Pengertian bank umum menurut Undang-Undang No. 10 tahun 1998 adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Bank umum adalah suatu lembaga keuangan yang bertugas menghimpun dana dari masyarakat (funding) dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit (lending), dimana bank umum berfungsi sebagai agent of trust, agent of equity, dan agent of development

Agar masyarakat berniat menyimpan uang di bank, maka pihak perbankan memberikan rangsangan berupa bunga, hadiah, pelayanan dan balas jasa lainnya sehingga menambah minat masyarakat untuk menyimpan uangnya di bank.  Setelah memperoleh  dana  dari masyarakat  dalam  bentuk  simpanan, maka dana tersebut diputar kembali ke masyarakat dalam bentuk pinjaman/kredit. Dalam pemberian kredit juga dikenakan bunga dan biaya administrasi kepada debitur. Dimana besarnya bunga kredit sangat dipengaruhi oleh  besarnya  bunga  simpanan.  Semakin  besar  bunga  simpanan,  maka semakin besar pula bunga pinjaman dan demikian pula sebaliknya. Di samping bunga simpanan pengaruh besar kecil bunga pinjaman juga dipengaruhi oleh keuntungan yang diambil,biaya operasi yang dikeluarkan, cadangan resiko macet, pajak serta pengaruh lainnya.

Bank bekerja secara sederhana.dimana bank bekerja dengan tangan kanan dan kirinya. Tangan kanan bekerja sebagai source of fund, dan tangan kirinya bekerja sebagai use of fund untuk mencari keuntungan. Dengan tangan kanannya, bank menghimpun dana dari masyarakat, melalui 3 produknya yaitu tabungan, giro, dan deposito. Dana yang terhimpun dimana bank harus memanfaatkan kas yang menganggur  (idle cash)  agar dapat menghasilkan laba. Dengan tangan kirinya, bank memberikan pinjaman dalam bentuk kredit kepada masyarakat yang defisit.

Selain itu, bank umum juga menyediakan jasa-jasa perbankan lainnya untuk mendukung kelancaran kegiatan menghimpun dan menyalurkan dana serta dapat mempermudah masyarakat dewasa ini dalam melakukan kegiatan perkenomiannya.


Demikianlah artikel tentang   Mengetahui Kegiatan Utama Bank Umum yang saya buat semoga bermanfaat bagi orang yang  membacanya dan menambah wawasan bagi orang yang membaca artikel ini. Dan  saya mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata dan kalimat yang  tidak jelas, mengerti, dan lugas mohon jangan dimasukan ke dalam hati. 


Jangan lupa tinggalkan komentar - komentar yang positif serta saran & kritikan agar membangun blog ini lebih baik kedepannya. Sekian penutup dari saya semoga berkenan di hati dan saya ucapkan terima  kasih yang sebesar-besarnya.

0 Response to "Mengetahui Kegiatan Utama Bank Umum"

Post a Comment